Selamat Datang di faikblogshare.com, semoga bermanfaat dan menjadi amal saleh bagi kita semua.Aminn.^_^

Kamis, 21 Februari 2013

Google Webmaster itu Seperti Apa Sih?



Seperti yang kita ketahui bahwa Google adalah rajanya mesin pencari online. Mesin pencari Google menjadi tolok ukur penilaian baik buruknya kualitas situs dimana sumber trafik atau lalu lintas pengunjung natural digantungkan pada sebuah mesin pencari Google. Oleh karena itu, pemilik situs akan berusaha untuk mengoptimalkan situs mereka agar dapat dilacak atau terindeks dengan baik oleh googlebot (robot google) dengan harapan situs mereka mendapatkan peringkat yang baik pada halaman hasil pencarian Google.
Indexing atau dalam bahasa kita disebut pelacakan, pendataan, atau pengindeksan adalah syarat paling utama sebuah situs dapat ditampilkan pada halaman hasil pencarian Google. Dengan Google webmaster memungkinkan para pemilik situs untuk mendaftarkan situs atau postingan terbaru mereka agar terindeks dengan baik. Dengan bahasa yang sederhana para pemilik situs dimungkinkan memberitahukan kepada googlebot tentang url situs mereka agar googlebot dapat dengan mudah menemukan situs tersebut.

Google Webmaster Tool adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google bagi para websmaster atau pemilik situs untuk melakukan pengecekan atau pemeriksaan status pengindeksan dan untuk mengoptimalkan visibilitas situs web mereka dengan Google Webmaster Tool memungkinkan para pemilik situs untuk:


  • Mengirim, membuat, dan memeriksa sitemap atau pemetaan situs
  • Memeriksa dan mengatur status pengindeksan, dan juga melihat statistik bagaimana googlebot mengakses situs tertentu.
  • Membuat atau memeriksa file robots.txt. untuk menentukan konten situs mana yang boleh dan tidak boleh di Indeks oleh googlebot.
  • Melihat dan memeriksa daftar halaman eksternal dan internal yang menuju ke url situs tertentu.
  • Memungkinkan untuk menentukan url domain yang ingin ditampilkan pada halaman pencarian, misalnya menggunakan www. didepan nama domain atau tidak.
  • Melihat kata kunci yang masuk dan mengarah ke situs tertentu dari halaman hasil pencarian.

Google Webmaster sama sekali berbeda dengan Google Anaytics yang hanya berfungsi untuk menunjukkan jumlah total trafik dari sebuah situs terlepas darimana asal pengunjung yang menuju situs tersebut semua lalu lintas yang menuju situs tercatat pada analitik.

Google Webmaster lebih kompleks namun juga bukan merupakan kewajiban bagi para pemilik situs untuk menggunakannya, namun Google Webmaster memberikan penawaran lebih baik guna memudahkan pengguna menemukan situs Anda dan memudahkan mereka untuk dapat mengakses secara keseluruhan isi konten situs hingga sampai bagian terdalam dengan menampilkan pemetaan situs yang baik.

Hal yang perlu diingat bagi para webmaster dalam membangun situs agar mudah dilacak dan ditemukan sehingga mendapat peringkat yang baik pada halaman mesin pencari antara lain harus memperhatikan.


  • Tata letak situs dengan membuat hirarki yang jelas. Sehingga setiap halaman pada situs dapat dicapai hanya dengan satu tautan yang statis untuk memudahkan navigasi pengunjung agar tidak tersesat
  • Buatlah pemetaan situs (Sitemap atau pemetaan) situs sangat penting untuk memudahkan pengunjung menelusuri isi konten hingga bagian paling dalam.
  • Perlu diingat bahwa googlebot tidak dapat membaca dan mengenali gambar untuk menampilkan nama, tulisan atau tautan pada isi konten. Sehingga usahakan untuk menghindari penggunaan gambar sehinggga dapat dikenali dan mudah ditemukan, kecuali Anda memasukkan atribut ALT untuk mendeskripsikan gambar sehingga dapat dikenali dan mudah ditemukan.


Google sangat menganjurkan bagi para pemilik situs untuk selalu memeriksa perfoma situs mereka termasuk diantaranya kecepatan situs agar pengunjung tidak terganggu dengan menggunakan alat seperti pagespeed, Yslow, dll Memeriksa kerusakan tautan(broken link) pada situs dan memperbaikinya, memeriksa struktur .html dari kesalahan dan sebagainya.

Sumber : eng koh - konsultanseojakarta.com -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Datang kesini lagi yah di faikblogshare.com.Terimakasih.^_^
thanks for visits on this blog.^_^

Bloglog

Health Blogs
Health Directory Backlink Lists|Free Backlinks Adult Blog Directory Free Traffic at iWEBTOOL.com Link Exchange Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Ping in TotalPing.com Health Blogs - Blog Rankings Personal free counters Fight SPAM Antispam Mobile Edition
By Blogger Touch

Visitors