Selamat Datang di faikblogshare.com, semoga bermanfaat dan menjadi amal saleh bagi kita semua.Aminn.^_^

Kamis, 21 Februari 2013

Pengertian JavaScript



Saya akan membahas sedikit tentang pengertian JavaScript dan pengaruhnya terhadap SEO. Mungkin kita akan sedikit dibuat bingung antara pemograman Java dan JavaSript, apakah mereka sama? Jawabannya adalah "Tidak Sama", mereka sama sekali berbeda. JavaScript dikembangkan oleh Netscape Inc.

Sedangkan program Java dikembangkan oleh SunMicrosystem. Perbedaan yang mendasar antara keduanya adalah bahwa program Java dapat berjalan dalam mesin virtual (video, game, tablet) dan browser sedangkan JavaSript hanya dapat berjalan pada browser ( Mozila Firefox, internet explorer, Google Chrome, Safari, dan Opera) saja. Sebelum melangkah lebih Jauh, ada baiknya kita tahu apa sih pengertian JavaScript?


JavaScript adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat halaman web interaktif. Nah, mungkin Anda lebih mengenal bahasa pemograman HTML untuk membuat web. JavaScript juga berjalan pada HTML, namun JavaScript berguna untuk membuat web yang lebih interaktif dan dinamis, dimana bahasa pemograman HTML sederhana tidak dapat membuatnya yang biasa bersifat statis, seperti membuat polling, katalog toko online, dan iklan bergerak.

JavaScript adalah bahasa yang ditafsirkan  sehingga tidak ada program khusus yang diperlukan untuk membuatnya cukup dengan editor teks biasa seperti Notepad (program bawaan Windows) sudah mampu untuk menulis JavaScript. Berikut pengertian JavaScript dan penggunaannya.


  • JavaScript dirancang untuk menambah interaktivitas ke halaman HTML
  • JavaScript adalah bahasa scripting yakni bahasa pemograman yang sederhana dan dinamis
  • JavaScript adalah biasanya diletakkan atau diterapkan langsung ke halaman HTML
  • JavaScript adalah bahasa pemograman yang ditafsirkan (langsung dapat dieksekusi tanpa pendahuluan)
  • JavaScript dapat digunakan secara bebas tanpa harus membeli lisensi
  • JavaScript dapat memanipulasi elemen HTML yang dapat membaca dan mengubah isi dari elemen HTML
  • JavaScript dapat digunakan untuk memvalidasi data yakni untuk memvalidasi form input
  • JavaScript dapat digunakan untuk mendeteksi browser pengunjung situs web
  • JavaScript dapat digunakan untuk membuat cookies yakni untuk menyimpan dan mendapatkan informasi pada komputer pengunjung situs web

Apakah Anda sudah cukup paham tentang pengertian JavaScript? Jika sudah, mari kita melangkah lebih jauh tentang pengaruh JavaScript terhadap SEO .

Pengaruh javaScript terhadap SEO

ada sedikit kebingungan para webmaster dalam membangun web blog. Ada pendapat bahwa penggunaan JavaScript tidak bagus untuk SEO dan pendapat lainnya bahwa penggunaan JavaScript tidak begitu bermasalah untuk SEO karena mesin pencari tetap dapat membacanya seiring perkembangan teknologi browser seperti Chrome dan Mozila yang semakin kompleks.

Ya, memang penggunaan JavaScript dalam membangun web blog akan tampak lebih menarik dan dinamis serta memudahkan pengguna untuk menelusuri halaman web blog. Tapi ternyata tidak demikian dengan robot mesin pencari yang akan mengalami hambatan, meskipun robot dapat membaca JavaScript tetapi ternyata tidak sepenuhnya mampu membacanya dengan benar.

Dalam tes JavaScript yang dilakukan untuk menguji robot mesin pencari dalam melakukan crawler (indeks atau penelusuran web) menghasilkan poin-poin kesimpulan berikut ini:

Search Engine dapat membaca JavaScript.

JavaScript tidak menjadi penghalang Spider dalam menjelajahi web tetapi tidak berguna untuk tujuan SEO (meningkatkan visibilitas), sehingga Anda harus berhati-hati dalam penggunaan javaScript
Jika Anda harus menggunakan JavaScript untuk menghasilkan menu yang dinamis Anda bisa menggunakan DHTML dan CSS yang lebih SEO freindly.


Sumber : eng koh - konsultanseojakarta.com -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Datang kesini lagi yah di faikblogshare.com.Terimakasih.^_^
thanks for visits on this blog.^_^

Bloglog

Health Blogs
Health Directory Backlink Lists|Free Backlinks Adult Blog Directory Free Traffic at iWEBTOOL.com Link Exchange Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Ping in TotalPing.com Health Blogs - Blog Rankings Personal free counters Fight SPAM Antispam Mobile Edition
By Blogger Touch

Visitors