Selamat Datang di faikblogshare.com, semoga bermanfaat dan menjadi amal saleh bagi kita semua.Aminn.^_^

Minggu, 05 Agustus 2012

Tekanan Darah Meninggi, Kualitas Hidup Menurun



TEKANAN DARAH TINGGI YANG TIDAK TERKONTROL MENINGKATKAN RISIKO, SEPERTI STROKE, ANEURISMA, GAGAL JANTUNG, SERANGAN JANTUNG, DAN KERUSAKAN GINJAL. SEJALAN DENGAN BERTAMBAHNYA USIA, HAMPIR SETIAP ORANG MENGALAMI KENAIKAN TEKANAN DARAH.



  Tekanan darah tinggi atau kerap disebut hipertensi adalah gangguan kesehatan yang sangat jamak dialami oleh sebagian besar orang dari berbagai lapisan masyarakat. Banyak literatur dan pembahasan mengenai gangguan kesehatan ini. Disebut gangguan kesehatan karena sebenarnya tekanan darah tinggi baru akan dirasakan sangat berbahaya ketika sudah menyebabkan penyakit vital yang mengikutinya. Jadi, dapat dikatakan bahwa tekanan darah tinggi adalah " biang " dari bermacam penyakit fatal. Dengan demikian, kualitas hidup kita pun menurun.

  Dalam istilah medis, hipertensi disebut "silent killer" karena tidak menimbulkan gejala selama bertahun-tahun hingga kemudian baru diketahui bahwa organ vital rusak karenanya. Seringkali tidak ada penyebab tekanan darah tinggi yang dapat diidentifikasi karena bisa terjadi sebagai akibat dari gangguan ginjal atau gangguan hormon. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol meningkatkan risiko, seperti stroke, aneurisma, gagal jantung, serangan jantung, dan kerusakan ginjal. Sejalan dengan bertambahnya usia, hampir setiap orang mengalami kenaikan tekanan darah. Tekanan sistolik terus meningkat sampai usia 80 tahun dan tekanan diastolik terus meningkat pada usia 55-60 tahun, kemudian berkurang secara perlahan atau bahkan menurun drastis.

Pengukuran Tekanan Darah

  Berapa batas tekanan darah yang normal? Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) batas tekanan darah yang masih dianggap normal adalah kurang dari 130/85 mmHg, sedangkan bila lebih dari 140/90 mmHg dinyatakan sebagai hipertensi. Namun buat orang indonesia, banyak dokter berpendapat tekanan darah yang ideal adalah sekitar 110-120/80-90 mmHg. Batasan ini berlaku bagi orang dewasa diatas 18 tahun.

  Besarnya tekanan darah selalu dinyatakan dengan dua angka. Angka yang pertama menyatakan tekanan sistolik, yaitu tekanan yang alami dinding pembuluh darah ketika darah mengalir saat jantung memompa darah keluar dari jantung. Angka yang kedua disebut tekanan diastolik, yaitu angka yang menunjukkan besarnya tekanan yang dialami dinding pembuluh darah ketika darah mengalir masuk kembali kedalam jantung.

  Tekanan darah yang tinggi ketika diukur pada satu waktu tertentu belum dapat dipastikan menjadi tanda seorang menderita hipertensi. Banyak faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah naik dan turun secara tiba-tiba. Jadi, seseorang tidak dapat dikatakan menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi hanya dari satu kali pengukuran. Untuk menyakinkan apakah menderita hipertensi atau tidak harus melalui pemeriksaan tekanan darah beberapa kali dan pada waktu yang berbeda-beda.

Faktor Keturunan

  Banyak faktor yang dapat memperbesar risiko menderita hipertensi. Salah satu diantaranya adalah faktor keturunan. Pada 70%-80% kasus hipertensi essensial, didapatkan riwayat hipertensi di dalam keluarga. Apabila riwayat hipertensi didapatkan pada kedua orang tua, maka kemungkinan menderita hipertensi menjadi lebih besar. Fakta ini mendukung dugaan bahwa faktor keturunan mempunyai peran terjadinya hipertensi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

  Faktor-faktor lain yang mendorong terjadinya hipertensi antara lain stres, kegemukan (obesitas), pola makan yang tidak sehat, merokok dan sering minum-minuman berakohol. Banyak penelitian yang sudah membuktikan hal ini. Pola hidup sehat tentu menjadi "obat" paling mujarab bagi penderita hipertensi. Dengan pola hidup sehat pun kita dapat mencegah aneka penyakit  yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

Sering Sakit Kepala

  Tidak ada gejala khusus yang menyertai hipertensi. Namun, secara tidak sengaja beberapa gejala terjadi secara bersamaan dan dipercaya berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Gejala itu antara lain adalah sakit kepala, pendarahan dari hidung, pusing, wajah kemerahan dan kelelahan. Jika hipertensinya berat atau menahun dan tidak diobati, bisa timbul gejala tambahan seperti mual, muntah, sesak nafas, pandangan menjadi kabur akibat kerusakan syaraf dan pembuluh darah pada mata. Pada penderita hipertensi berat dapat terjadi penurunan kesadaran, bahkan koma karena terjadi pembengkakan pada otak. Keadaan ini disebut ensefalopati hipertensif.

Langkah Kecil Sederhana

  Ada langkah kecil dan murah untuk mencegah beragam penyakit akibat hipertensi, yaitu dengan mengetahui kisaran tekanan darah secara rutin. Banyak tempat pelayanan kesehatan yang bisa diminta bantuan. Langkah berikut yang perlu dilakukan adalah bagaimana mencegah hipertensi. Terutama bagi mereka yang mempunyai potensi gejala hipertensi turunan, mencegah naiknya tekanan darah merupakan langkah wajib yang perlu diperhatikan.

  Dengan mencegah risiko terkena penyakit akibat darah tinggi akan semakin kecil. Saat ini tidak hanya orang yang sudah lanjut usia saja yang bisa menderita beragam penyakit akibat dari hipertensi, banyak kaum muda yang sudah mengalami hipertensi, bahkan sudah menderita penyakit yang diakibatkan naiknya tekanan darah ini. Gaya hidup tidak sehat, tekanan akibat permasalahan hidup, dan lingkungan yang semakin tidak sehat menjadi pemicu utama ragam penyakit akibat darah tinggi.

Diet Sehat

  Langkah pertama yang sangat penting dilakukan adalah menjaga pola makan karena suplai makanan yang masuk ke tubuh sangat memengaruhi naik turunnya tekanan darah seseorang. Diet yang sehat sangat penting dalam usaha mengontrol tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sebenarnya, tidak ada peraturan yang terlalu ketat dalam menjaga pola makan yang sehat. Pada intinya, makanan yang sehat dimulai dan diakhiri dengan keseimbangan dan keragaman, termasuk mengurangi makanan dengan kadar garam tinggi dan minuman berakohol.

  Garam umumnya terdapat pada makanan yang diproses atau diawetkan. Garam yang berlebihan mempengaruhi tekanan darah. Jika Anda mengidap tekanan darah tinggi, jumlah garam yang Anda makan dapat menganggu usaha pengontrolan tekanan darah Anda. Makanlah makanan segar yang tidak mengandung garam atau dikurangi makanan yang diawetkan dengan garam.

Olahraga Teratur dan Aktif Berkegiatan Fisik

  Olahraga teratur atau kegiatan fisik yang lain dapat menjaga kestabilan tekanan darah karena peredaran darah akan menjadi lancar. Berdasarkan penelitian seseorang yang berolahraga secara teratur terbukti dapat menurunkan tekanan darah ke tingkat normal 50% lebih besar dibandingkan orang yang jarang melakukan aktifitas tersebut. Satu sesi olahraga rata-rata menurunkan tekanan darah 5-7 mmHg. Pengaruh penurunan tekanan darah ini dapat berlangsung hingga 22 jam setelah berolahraga.

  Tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan jalan kaki, berenang, bersepeda, golf atau dengan kegiatan fisik yang lainnya. Hindari olahraga berat dan menegangkan karena justru dapat menigkatkan tekanan darah. Lebih bijak jika sebelumnya Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis olahraga yang cocok untuk Anda. Olahraga dan aktif berkegiatan fisik juga berperan untuk menurunkan berat badan. Berat badan yang berlebihan membebani kerja jantung sehingga kinerja jantung menjadi tidk optimal dan akhirnya peredaran darah pun tidak lancar.

  Ada begitu banyak jenis obat-obatan untuk mengontrol tekanan darah tinggi, namun obat-obatan tersebut tidak menghilangkan penyakit akibat darah tinggi melainkan hanya mengontrolnya. Ada pun jenis obat yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi dalam sementara waktu, bukan untuk jangka waktu panjang atau bahkan permanen.

  Tindakan mencegah hipertensi dengan gaya hidup sehat dan olahraga teratur memang merupakan langkah paling tepat dan aman. Kombinasikan keduannya dengan kehidupan rohani yang lebih baik sehingga kita terhindar dari stres karena tekanan hidup. Konsumsi pula suplemen kesehatan yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan jantung Anda. Selamat menjalani hidup yang lebih sehat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Datang kesini lagi yah di faikblogshare.com.Terimakasih.^_^
thanks for visits on this blog.^_^

Bloglog

Health Blogs
Health Directory Backlink Lists|Free Backlinks Adult Blog Directory Free Traffic at iWEBTOOL.com Link Exchange Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Ping in TotalPing.com Health Blogs - Blog Rankings Personal free counters Fight SPAM Antispam Mobile Edition
By Blogger Touch

Visitors