Selamat Datang di faikblogshare.com, semoga bermanfaat dan menjadi amal saleh bagi kita semua.Aminn.^_^

Minggu, 17 Maret 2013

Manfaat Madu Untuk Kesehatan


Madu sering juga disebut-sebut sebagai cairan ajaib. Hal ini dikarenakan khasiat dan manfaat madu untuk kesehatan tubuh serta kecantikan tidak diragukan lagi. Bahkan sejak jaman dulu madu sudah digunakan sebagai obat maupun bahan obat. Dalam ajaran Islam, sejarah Mesir, dan sejarah peradaban China sekalipun madu sudah dikenal dan dimanfaatkan khasiatnya.


Adapun kandungan madu menurut USDA Nutrient database madu mengandung nilai gizi madu per 100 g: Gula 82.12 g, Serat 0.2 g, Energi 304 kcal, Karbohidrat 82.4 g, Lemak 0 g, Protein 0.3 g, Asam Pantotenat (Vit. B5) 0.068 mg (1%), Vitamin B60.024 mg (2%), Folat (Vit. B9) 2 mg (1%), Air17.10 g, Riboflavin (Vit. B2) 0.038 mg (3%), Niacin (Vit. B3)0.121 mg (1%), Fosfor 4 mg (1%), Potasium 52 mg (1%), Vitamin C0.5 mg (1%), Kalsium6 mg (1%), Besi 0.42 mg (3%), Magnesium 2 mg (1%), Sodium 4 mg (0%), Zinc 0.22 mg (2%). Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh.

Manfaat Madu untuk kesehatan :

1. Madu merupakan sumber energi, Madu juga digunakan sebagai sumber energi yang menyediakan sekitar 64 kalori per sendok makan.

2. Madu dapat mengurangi berat badan. Walaupun madu memiliki lebih banyak kalori dari gula, Madu jika dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam menyerap lemak yang disimpan dalam tubuh Anda. Similarly Honey, Lemon Juice, Honey, and Cinnamon help in reducing weight. Demikian juga madu dicampur dengan air jeruk dan madu dengan kayu manis membantu mengurangi berat badan. Karena madu meskipun dicampur dengan apapun pasti akan tetap cocok.

3. Manfaat madu untuk menambah stamina. Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan performa (ergogenic) bantuan yang sangat baik dan membantu dalam mendorong performa atlet. Madu memudahkan dalam menjaga gula darah penyembuhan otot dan pemulihan setelah latihan karena mengandung 354 kcal.

4. Madu mempunyai sifat antibiotik, karena madu dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat digunakan bagi manusia dan tanpa efek samping.

5. Madu merupakan sumber Antioksidan, Madu mempunyai kandungan nutraceuticals yang efektif dalam mengeluarkan radikal bebas dari tubuh kita. Hasilnya kekebalan tubuh akan meningkat dan membuat badan kita tidak mudah sakit.

6.   Manfaat madu dapat mencegah Penyakit Jantung dan Kanker. Madu mengandung suatu zat yang bernama polifenol yaitu sejenis Antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, Sehingga berpengaruh pada kesehatan jantung dan mencegah dari kanker.

7.   Manfaat madu dapat mengobati Jerawat. Berdasarkan penelitian, jenis madu Manuka dan Kanuka terbukti efektif untuk mengobati acne vulgaris yaitu kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan dan infeksi pada folikel bagian wajah, punggung dan dada.

8.   Manfaat madu dapat mengobati batuk dan radang tenggorokan. Kandungan anti-bakteri pada madu bisa melawan mikrobakteri penyebab radang, bahkan madu dapat membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

9.   Madu dapat menjaga kesehatan gigi dan menyehatkan gigi

10. Madu merupakan sumber vitamin dan mineral. Madu juga diketahui kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Kadar vitamin dan mineral tersebut tergantung pada nektar yang dihisap oleh lebah madu tersebut.

11. Madu dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Madu juga mengandung zat antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Hal tersebut mampu menjaga tubuh agar terhindar dari infeksi. 

Jika seseorang mengalami luka gores ataupun luka bakar, maka madu sering dijadikan obat pertolongan pertama untuk dioleskan sehingga menghindari terjadinya infeksi.

Manfaat madu untuk kecantikan :

1. Sebagai masker madu. Masker madu dipercaya dapat menghambat penuaan dini dan kulit keriput yaitu dengan mengoleskan madu murni ke seluruh bagian wajah kecuali pada area bibir dan mata. Setelah itu diamkan sekitar 15 menit dan biarkan mengering. Kemudian basuh dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.

2. Mandi madu untuk kulit berkilau. Caranya adalah saat mandi, oleskan madu ke seluruh bagian kulit sambil ditepuk-tepuk nah saat ditepuk itu madu akan lengket dan mengering di kulit. Langkah terakhir adalah basuh seluruh tubuh dan rasakan sensasinya.

3. Scrub madu. Madu juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati. Anda bisa membuat campuran 1 sendok teh madu dicampur sedikit dengan tepung almond. Gosokkanlah campuran tersebut ke area wajah. Setelah selesai basuh dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

Madu memang sangat menggoda, selain rasanya manis dan lezat juga mempunyai bermacam khasiat tidak hanya bagi kesehatan tapi juga kecantikan. Demikian semoga artikel Manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan ini bisa menjadi tulisan yang bermanfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan anda.-Terimakasih-

Sumber : sahabatsehat.info - infosehatz.info -weome.blogspot.com-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Datang kesini lagi yah di faikblogshare.com.Terimakasih.^_^
thanks for visits on this blog.^_^

Bloglog

Health Blogs
Health Directory Backlink Lists|Free Backlinks Adult Blog Directory Free Traffic at iWEBTOOL.com Link Exchange Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Ping in TotalPing.com Health Blogs - Blog Rankings Personal free counters Fight SPAM Antispam Mobile Edition
By Blogger Touch

Visitors