Selamat Datang di faikblogshare.com, semoga bermanfaat dan menjadi amal saleh bagi kita semua.Aminn.^_^

Sabtu, 03 Maret 2012

ANTARA SABAR DAN SAKIT

Barangsiapa yang ingin selamat dari siksa Allah swt., memperoleh pahala dan anugerah rahmat-Nya serta masuk surga-Nya, maka hendaklah ia menahan hawa nafsunya dari kesenangan-kesenangan dunia dan bersabar terhadap penderitaan dan musibah yang menimpanya.

Allah SWT., berfirman dalam surah Ali Imron ayat 146:

Yang artinya: " Allah menyukai orang-orang yang sabar. " (QS. Ali Imron: 146)

Sabar itu dapat dikualifikasikan dalam tiga kategori, yaitu:

  1. Sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah swt.
  2. Sabar dalam menjauhi larangan-larangan Allah swt.
  3. Sabar terhadap musibah.
Orang yang bersabar dalam menjalankan ketaatan dan kebaktian kepada Allah swt., maka besuk pada hari kiamat, Allah memberikan kepadanya tiga ratus derajat di surga. Jarak dari setiap derajat, seluas antara langit dan bumi. Orang yang bersabar dalam menjauhi dan meninggalkan larangan-larangan Allah, maka besok pada hari kiamat Allah swt. akan memberikan kepadanya enam ratus derajat. Jarak dari setiap derajat seluas antara langit ke tujuh (langit yang tertinggi) dan bumi yang tujuh (bumi yang terbawah). Sedangkan bagi orang yang bersabar dalam mengadapi musibah, maka Allah akan memberikan kepadanya seratus derajat di surga. Jarak setiap derajat, seluas antara Arasy dan Bumi.

Dikisahkan, bahwa Nabi Zakaria as. berlari dari kejaran orang-orang Yahudi, namun mereka tetap mengejar mengikuti jejaknya. Ketika mereka telah mendekatinya, Nabi Zakaria yang melihat sebuah pohon yang ada didepannya, dia berkata pada pohon itu: "Hai pohon, masukanlah aku kedalammu." Maka pohon itu menjadi terbelah, sehingga Nabi Zakaria as. dapat masuk kedalamnya, setelah ia masuk kedalamnya pohon itu, terkatup dan menutup kembali dan Nabi Zakaria bersembunyi didalamnya. Iblis yang menyaksikan peristiwa itu memerintahkan kepada orang-orang Yahudi yang mengejar Nabi Zakaria untuk menggergaji membelah pohon itu agar Nabi Zakaria terpotong dan terbelah, sehingga mati didalamnya. Mereka benar-benar melakukan apa yang diperintahkan oleh Iblis. Hal itu terjadi karena Nabi Zakaria mengandalkan pohon itu, bukan pada Allah swt. sehingga menyebabkan kebinasaannya. Dia mati terbelah menjadi dua dengan gergaji.

Sebagaimana halnya hadits yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad saw. bahwa beliau bersabda: " Tidaklah ada seorang hamba pun yang tertimpa musibah, lalu dia berserah diri kepada-Ku (Allah), kecuali Aku (Allah)akan memberikan (permintaannya) sebelum ia memintanya dan Aku (Allah) akan mengabulkan (permohonannya) sebelum ia berdo'a memohon kepada-Ku. Dan tidak ada seorang hamba pun yang tertimpa musibah, lalu ia bergantung kepada makhluk selain Aku, kecuali Aku tutup pintu-pintu langit (rahmat) baginya."

Ketika penggergajian kayu yang didalamnya ada Nabi Zakaria as. tersebut, sampai pada otaknya, dia berteriak menjerit kesakitan. Lalu dikatakan kepadanya:" Hai Zakaria, sesungguhnya Allah berfirman kepadamu, 'Mengapa Anda tidak bersabar menghadapi musibah sakit dan berkata aduh?Seandainya Anda mengatakannya sekali lagi, maka Aku akan mengeluarkan namamu dari daftar para nabi." Maka Nabi Zakaria menggigit bibirnya, bersabar menahan rasa sakit, hingga mereka benar-benar membelahnya menjadi dua.

Oleh sebab itu, bagi orang yang berakal wajib bersabar dalam menghadapi musibah dan tidak mengadukannya pada manusia, agar dia selamat dari adzab dunia dan akhirat. Karena musibah atau ujian yang paling berat adalah yang ditimpakan kepada para nabi dan wali (kekasih)-Nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Datang kesini lagi yah di faikblogshare.com.Terimakasih.^_^
thanks for visits on this blog.^_^

Bloglog

Health Blogs
Health Directory Backlink Lists|Free Backlinks Adult Blog Directory Free Traffic at iWEBTOOL.com Link Exchange Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Ping in TotalPing.com Health Blogs - Blog Rankings Personal free counters Fight SPAM Antispam Mobile Edition
By Blogger Touch

Visitors